Acetylcysteine – Manfaat, Khasiat, Dosis dan Efek Sampingnya

Obat

Acetylcysteine adalah obat yang difungsikan untuk mengencerkan dahak yang menghambat saluran pernapasan. bagi yang mengidap batuk kering obat ini tidaklah cocok untuk diberikan.

Kentalnya dahak yang menempel mengakibatkan terhambatnya saluran pernapasan yang di akibatkan oleh penyakit paru-paru biasanya meliputi tuberkulosis, fibrosis sistik pneumonia, dan bronkitis. Penggunaan obat Acetylcysteine, dapat mengencerkan dahak serta membantu anda lebih mudah untuk bernapas.

Acetylcysteine tersedia dalam berbagai merek, sesuai dengan jenis penyakit yang diidap serta kondisi kesehatan pasien. penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Tentang Obat Acetylcysteine

  • Jenis : obat Ekspektoran.
  • Bentuk : Tablet, kapsul, obat hirup, obat suntik .
  • Golongan : Obat resep .
  • Manfaat : Mengencerkan dahak .
  • Dikonsumsi oleh : Dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun.

Peringatan Obat Acetylcysteine

Bagi ibu hamil dan menyusui, sebelum menggunakan obat acetylcysteine sebaiknya terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter.
Tanyakanlah kepada dokter dosis acetylcysteine untuk anak-anak.
Harap berhati-hati jika menderita diabetes dan asma.
Penggunaan acetylcysteine dapat mengakibatkan rasa kantuk pada sebagian orang. selama mengonsumsi obat ini hindarilah mengendarai atau mengoprasikan alat beratlainnya.
Bila terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera pergi dokter.

Dosis Obat Acetylcysteine

Umumnya dosis penggunaan acetylcysteine tidahlah sama untuk tiap bentuk obatnya. Takaran obat acetylcysteine ditentukan oleh dokter berdasarkan bentuk obat yang digunakan, kondisi pasien, usia, serta jenis penyakit yang diderita pasien.

Obat acetylcysteine yang berbentuk kapsul, bagi pasien dewasa yang dianjurkan umumnya adalah 200 mg dalam 1 hari konsumsinya bisa dua hingga tiga kali sesuai aturan dokter.

Cara Mengonsumsi Obat Acetylcysteine Dengan Benar

Gunakan acetylcysteine sesuai anjuran dokter serta baca juga keterangan pada kemasan.

Jangan mengonsumsi acetylcysteine bersamaan dengan antibiotik tetrasiklin. Pastikan ada jarak setidaknya dua jam sebelum atau sesudah mengonsumsi ekspektoran ini. Selama menggunakan acetylcysteine sebaiknya hidarilah penggunaan antitusif atau pereda batuk karena berpotensi memicu penumpukan dahak.

Usahakan mengonsumsi acetylcysteine pada jam yang sama tiap harinya untuk memaksimalkan efeknya.

Bila pasien lupa akan mengonsumsi acetylcysteine, segeralah untuk meminumnya jika jadwal minum berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan gandakan dosis acetylcysteine pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping Dan Bahaya Acetylcysteine

Pada tiap pasien kemungkinan akan berbeda-beda efek sampingnya saat meminum acetylcysteine, seperti :

  • mual
  • sariawan
  • muntah
  • demam
  • hidung tersumbat

Jika terjadi efek samping berupa sulit bernapas, sakit perut, sakit dada, serta tinja berwarna hitam. Berhentilah mengonsumsi acetylcysteine dan sereralah hubungi dokter.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Acetylcysteine – Manfaat, Khasiat, Dosis dan Efek Sampingnya
Pengobatan Gratis Berbagi Info Kesehatan Sejak 2010 dan Selalu Didukung Sepenuhnya Oleh Google+ Plus, Google Indonesia dan Adsense ID
bayi sering ng, penyebab feses bayi hijau berlendir, bayi sering kentut dan mengejan, mengobati anyang anyangan berhari hari, bayi selalu kejang saa, kena knalpot dikasih apa, mamfaat obat piroxicam 20 mg, manfaat puasa daud untuk jodoh, manfaat melon ora, video cara membuat pengobatan teratai salju untuk kecantikan, efek minum es duren bagi kesehatan, bayi baru lahir sering bersin, manfaat sawo mentah untuk obat wasir, bolehkah yang punya penyakit magh bisa minum yakulit, tindakan apabila bayi susu keluar hidung, yakult untuk asam lambung, kapan bagus nya minum yakult penderita lambung, penyebab BAB bayi usia 1tahun berlendir dan berbusa, benjolan di ketiak saat hamil dan menyusui, bentul pada selangkangan, cara mengatasi bayi ngulet berlebihan, manfaat kolang kaling untuk sendi lutut, insomnia dalam pandangan islam, manfaat push up setiap pagi hari pria, asam lambung minum yakult, bersin pada bayi, obat alami skoliosis, cara hilangkan jerawat di ketiak, cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang, apakah yakult baik untuk asam lambung, Manfaat - Khasiat - Kegunaan - Kelebihan - Sehat - Dokter - Cantik - Putih - Cara Membuat - Cara Memakai - Tips - Praktis - Sederhana - obat - herbal - alami - cepat - Langsing - Gemuk