Acarbose – Manfaat, Khasiat, Dosis dan Efek Sampingnya

Obat

Acarbose adalah obat tergolong dalam kelompok antidiabetes tipe 2 yang fungsinya mengontrol kadar gula darah dengan cara memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi senyawa gula yang lebih sederhana. Obat Acarbose ini dapat membantu anda menurunkan kadar gula didalam darah. Pasien yang terkena diabetes harus mengubah pola makanan yang dikonsumsinya serta mengatur program olah gerak tubuh. Biasanya obat acarbose juga diberikan sebagai obat tambahan bagi yang mengidap diabetes.

Acarbose dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat lainnya untuk mengendalikan diabetes ini seperti sulfonilurea, insulin, metformin. Bila penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula dalam darah maka bisa terhindar dari kerusakan ginjal, kebutaan, serangan jantung, stroke, kerusakan saraf, kehilangan keseimbangan serta disfungsi seksual. Bagi penderita diabetes yang berusia 18 tahun ke bawah, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dan harus sesuai dengan resep dokter.

Tentang Obat Acarbose

Jenis obat: Antidiabetes
Golongan: Obat resep
Manfaat: Mengontrol kadar gula dalam darah
Dikonsumsi: oleh Dewasa
Bentuk: Tablet

Peringatan Obat Acarbose

  • Bagi ibu hamil dan menyusui serta wanita yang merencanakan kehamilan dilarang mengosumsi obat ini.
  • Harap berhati-hati bila memiliki gangguan hati, gangguan ginjal, maag, radang usus, gangguan pencernaan, memiliki hernia, tukak lambung, obstruksi usus, dan sedang menjalani diet diabetes.
  • Selama mengosumsi acarbose harap jangan mengosumsi gula biasa (sukrosa) saat dalam fase hipoglikemia (fase dimana kadar gula darah terlalu rendah). Alangkah baiknya mengosumsi glukosa jenis dextrose yang tersedia dalam bentuk sirup, tablet, dan permen.
  • Obat acarbose tidak untuk dikonsumsi dibawah 18 tahun.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.

Dosis Obat Acarbose

Umumnya masa awal pengobatan dengan acarbose adalah 50-150 mg per hari. Bila kondisi pasien merespon obat dengan baik, maka dosis akan di tingkatkan menjadi 150 mg per hari dalam rentang waktu minimal 6-8 minggu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, obat acarbose harus dikonsumsi secara teratur serta disesuaikan pola konsumsi makanan penderita diabetes.

Mengonsumsi Obat Acarbose Dengan Benar

Ikutilah anjuran dari dokter dalam mengosumsi obat ini serta baca juga informasi yang tertera pada kemasan. Tanpa seizin dari dokter jangan menambahkan atau mengurangi dosis obat acarbose.

konsumsilah obat ini sebelum makan. Jangan mengosumsi acarbose bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat karena dikawatirkan menyebabkan perut kembung, diare, atau sakit perut.

Sering-seringlah untuk memeriksakan kadar gula darah kepada dokter secara teratur. Tanyakan dengan dokter bila anda melakukan sebuah aktivitas tertentu yang dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah seperti bekerja, olahraga dan minuman beralkohol.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Untuk memaksimalkan efek acaobose usahakan agar mengosumsinya pada jam yang sama tiap harinya.

Bila pasien lupa mengonsumsi acarbose sebelum makan disarankan untuk tidak mengonsumsinya di antara waktu makan. Jangan menggandakan dosis obat acarbose untuk satu pemakaian.

Kenali Efek Samping Dan Bahaya Obat Acarbose

Tiap orang berbeda-beda reaksi yang didapat. Berikut ini efek samping yang umumnya terjadi:

  • Diare dan sakit perut.
  • Kram perut.
  • Perut kembung.
  • Gangguan pencernaan.
  • Mual dan muntah.

Acarbose juga memiliki efek samping yang lain namun jarang sekali terjadi seperti pembengkakan pada bagian wajah, bibir, lidah, dan sakit kuning.

Jika anda mengalami sakit pada otot, efek samping yang berkepanjangan, efek yang mengganggu aktivitas anda, atau anda mengalami reaksi alergi, segeralah untuk menghubungi dokter atau pergi kerumah sakit terdekat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Acarbose – Manfaat, Khasiat, Dosis dan Efek Sampingnya
Pengobatan Gratis Berbagi Info Kesehatan Sejak 2010 dan Selalu Didukung Sepenuhnya Oleh Google+ Plus, Google Indonesia dan Adsense ID
bayi sering ng, penyebab feses bayi hijau berlendir, bayi sering kentut dan mengejan, mengobati anyang anyangan berhari hari, bayi selalu kejang saa, kena knalpot dikasih apa, mamfaat obat piroxicam 20 mg, manfaat puasa daud untuk jodoh, manfaat melon ora, video cara membuat pengobatan teratai salju untuk kecantikan, efek minum es duren bagi kesehatan, bayi baru lahir sering bersin, manfaat sawo mentah untuk obat wasir, bolehkah yang punya penyakit magh bisa minum yakulit, tindakan apabila bayi susu keluar hidung, yakult untuk asam lambung, kapan bagus nya minum yakult penderita lambung, penyebab BAB bayi usia 1tahun berlendir dan berbusa, benjolan di ketiak saat hamil dan menyusui, bentul pada selangkangan, cara mengatasi bayi ngulet berlebihan, manfaat kolang kaling untuk sendi lutut, insomnia dalam pandangan islam, manfaat push up setiap pagi hari pria, asam lambung minum yakult, bersin pada bayi, obat alami skoliosis, cara hilangkan jerawat di ketiak, cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang, apakah yakult baik untuk asam lambung, Manfaat - Khasiat - Kegunaan - Kelebihan - Sehat - Dokter - Cantik - Putih - Cara Membuat - Cara Memakai - Tips - Praktis - Sederhana - obat - herbal - alami - cepat - Langsing - Gemuk