4 Cara Mengatasi Bayi Cegukan dan Gumoh Setelah Minum Asi

Bayi
4 Cara Mengatasi Bayi Cegukan dan Gumoh Setelah Minum Asi

Bayi Sering Cegukan Menjadi masalah Yang Cukup Serius karena Cegukan pada Bayi walau normal Namun Kadang Bisa Mengakibatkan Beberapa Efek Samping Bagi Kesehatan. Orang Jawa bilang kalau bayi cegukan artinya dia akan cepat besar. Namun itu hanyalah mitos. Cegukan bukanlah tanda bayi akan cepat besar, namun tanda bahwa diafragma pada bayi belum berfungsi dengan baik. Cegukan merupakan hal yang normal terjadi pada bayi, jadi Anda para orang tua tidak perlu khawatir. Dalam istilah medis, cegukan disebut dengan hiccups. Cegukan terjadi karena saraf yang mengatur gerak diafragma (pemisah antara rongga perut dan rongga dada) belum dapat berfungsi dengan maksimal.

Panduan Mudah 4 Cara Mengatasi Bayi Cegukan dan Gumoh Setelah Minum Asi

Meskipun cegukan adalah hal yang normal, sebaiknya Anda tidak membiarkan bayi Anda cegukan dalam waktu yang lama karena dapat membuatnya lelah. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk menangani cegukan pada bayi Anda.

1. Pijat Punggung Bayi

Saat bayi Anda cegukan, cobalah untuk memijat punggung bayi secara perlahan. Dengan pijatan ini, bayi akan merasa tenang dan cegukan yang dialaminya berangsur-angsur akan berhenti.

2. Jadwal Makan yang Teratur

Beri makan bayi Anda setelah usianya 6 bulan. Dengan memberikan makan pada jam-jam tertentu setiap hari secara teratur maka kemungkinan bayi akan cegukan menjadi semakin kecil.

3. Posisi Saat Menyusu

Cegukan terjadi karena banyak udara yang dihirup bayi bersamaan dengan masuknya ASI ke dalam perutnya. Untuk meminimalisasi udara yang masuk, Anda sebaiknya mengubah posisi bayi saat menyusu. Posisi yang baik saat menyusui adalah kepala bayi lebih tinggi daripada kakinya.

4. Sendawa Setelah Menyusu

Saat bayi menerima ASI, ada udara yang masuk ke dalam perutnya yang menyebabkan cegukan. Supaya bayi tidak mengalami cegukan, sendawakan dia setelah Anda menyusuinya.

Sekian informasi tentang bagaimana cara menangani bayi yang cegukan. Jika ada gejala lain yang membahayakan bayi, sebaiknya segera bawa ke dokter atau rumah sakit. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to 4 Cara Mengatasi Bayi Cegukan dan Gumoh Setelah Minum Asi
Pengobatan Gratis Berbagi Info Kesehatan Sejak 2010 dan Selalu Didukung Sepenuhnya Oleh Google+ Plus, Google Indonesia dan Adsense ID
anak 3tahun diare dengan tinja berupa air warna hijau, bolehkah penderita asam lambung minum yakult, cara menghilangkan bentol di selangkangan, Bekas cacar berlubang, manfaat buah salak untuk kecantikan, cara mengobati bentol pada selangkangan, apakah wrp bisa menurunkan berat badan, manfaat teratai salju, bayi tidur tengkurap di dada ibu, manfaat puasa daud untuk jodoh, apakah bayi normal/sering mulet, reaksi minum daun afrika diare ?, bayi 2 bulan seperti kejang kejang, buah sao muda untuk obat wasir, Cara mengobati urat kecetit, bayi sering gumoh dan cegukan, cara menghilangkan bekas cacar api, manfaat ubi jalar putih, cara memijat pinggang kecetit, benjolan di ketiak saat hamil, khasiat ter, bayi 6 bulan bab hijau berbusa, anak bayi klo tidur suka jikat jingkat, bolehkah penderita maag minum yakult, tanem benang dosa, mengatasi jerawat menir, manfaat terong belanda untuk pria, bayi muntah keluar dari hidung dan mulut, cara mengatasi bayi yang terus mengejan, perbedaan kejang dan kaget, Manfaat - Khasiat - Kegunaan - Kelebihan - Sehat - Dokter - Cantik - Putih - Cara Membuat - Cara Memakai - Tips - Praktis - Sederhana - obat - herbal - alami - cepat - Langsing - Gemuk